PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AP SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Division (STAD) dan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI AP SMK Swasta PAB 2 T.P 2016\2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, pada tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta PAB 2 yang berjumlah 106 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik simple random sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas eksperimen yang masing – masing 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen1 (Student Teams Achievment Division) 88,06 dengan standar deviasi 6,99 dan nilai mean kelas eksperimen 2 (Time Token) 82,92 dengan standar deviasi 8,31. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,839 dan ttabel = 1,668. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,839 > 1,668 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) dan Time Token siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia T.P.2016/2017.