PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK-BM SWASTA PAB 3 MEDAN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB-3 Medan Tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB-3 Medan yang berjumlah 45 orang dan sampel sebanyak 45 orang yang diambil secara total sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu X AP1 dan X AP2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis yang diperoleh untuk variabel kreativitas mengajar guru (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,336 > 2,018), menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk variabel pemanfaatan fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,425 > 2,018), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 78,264, koefisien regresi kreativitas mengajar guru (X1) sebesar 0,151 dan koefisien regresi pemanfaatan fasilitas belajar (X2) sebesar 0,136. Untuk menguji hipotesis kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,93 > 3,18), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2015/2