Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peralatan kantor kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peralatan kantor yang diajar dengan model pembelajaran Explicit Instruction dan hasil belajar peralatan kantor yang diajar dengan model pembelajaran Demonstrasi pada siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura dengan Populasi jumlah seluruh kelas XI AP yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 99 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen I yang terdiri dari 33 siswa dan kelas XI AP 2 sebagai kelas eksperimen II yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peralatan kantor adalah objektif tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat vadilitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus thitung > ttabel taraf signifikan 95% atau