Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK PAB 2 Helvetia T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Jln. Veteran Pasar VI Helvetia Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 74 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi,dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengelolaan Kelas dengan prestasi belajar kewirausahaan dengan korelasi ry1.2 sebesar 0,377 dan nilai thitung > ttabel (3,452 > 1,668) dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan dengan korelasi ry2.1 sebesar 0,601 dan nilai thitung > ttabel (6,377 > 1,668). Dari hasil analisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi ganda adalah Ŷ = 17,106 + 0,399 X1 + 0,840 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa jika koefisien persepsi siswa tentang pengelolaan kelas naik satu satuan, maka nilai prestasi belajar akan naik 0,399 satuan. Jika nilai motivasi belajar naik satu satuan maka nilai prestasi belajar akan naik 0,840 satuan. Nilai Fhitung sebesar 44,781 lebih besar dari Ftabel 3,12 artinya Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,558 menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas (pengelolaan kelas dan motivasi belajar) dengan variabel terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 55,8% sedangkan sisanya 44,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar kawasan penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pengelolaan Kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X-AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/201