PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PAB.2 HELVETIA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Teams Games Tournament dan Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan kolaborasi model pembelajaran Teams Games Tournament dan Course Review Horay pada mata pelajaran kewirausahaan SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dilaksanakan di SMK PAB.2 Helvetia yang beralamat di jalan Veteran Pasar VI Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-AP yang berjumlah 101 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-AP1 (Kontrol) yang berjumlah 25 orang dan kelas XI-AP2 (Eksperimen) yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpul data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 16 soal dari 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 4 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,78 dengan standar deviasi sebesar 7,71. Sedangkan hasil belajar kewirausahaan kelas konvensional (kontrol) adalah sebesar 70,84 dengan standar deviasi 10,33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 - 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung sebesar 3,871 dan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,871 > 1,67) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan kolaborasi model pembelajaran teams games tournament dan course review horay terhadap hasil belajar persentase siswa. Dan hasil belajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran teams games tournament dan Course Review Horay lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 30,84% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan ceramah dengan persentase peningkatan hasul belajar sebesar 23,94% pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI-AP SMK PAB.2 Helvetia T.A 2016/2017. Kata Kunci : Kolabor