Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mengelola peralatan kantor siswa kelas XI AP SMK Swasta Eria Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Siswa Kelas XI SMK Swasta Eria Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP berjumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas XI AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 23 orang dan XI AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen1 Contextual Teaching and learning(CTL) 85,65 dengan standar deviasi 10,47 dan nilai mean kelas Examples Non ExampleS (78,91) dengan standar deviasi 10,10. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,261 dan ttabel = 1,614 Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,261 > 1,614 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan hasil belajar Mengelola Peralatan Kantor dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa. Dan hasil belajar dengan menggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 54,81 % dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan model pembelajaran Examples Non Eamples dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 51, 23% pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas XI AP SMK Swasta Eria Medan T.P 2015/2016