Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalahrendanya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui apakahada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada mata pelajaran kewirausahaan SMK PAB 2 Swata Helvetia . Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 110 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu X AP-1(Eksperimen 1) yang berjumlah 36 orang X AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 38 orang. Instumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 17 dari 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 4 jawaban. Hasilanalisa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 56,94 dengan standar deviasi 9,72. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 56,4 dengan standar deviasi 10,07. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,064>1,668 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwaada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajarpresentase siswa. Dan hasil belajar Problem Based Learning lebih tinggi dengan presentase peningkatan hasil belajar 80,6% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw 52,6% pada m