Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkombinasi model pembelajaranStudent Team Achievement Division danNumbered Head Togetherterhadaphasilbelajar Kewirausahaan siswa SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P. 2016/2017. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimenyaitudenganmelibatkanduake laspenelitiandanmemberikanperlakuan yang berbedapadamasingmasingkelaspenelitiantersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIAP SMKSwastaPrayatna 1 Medan yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas, yaitukelaseksperimen (XI AP-2) dankelaskontrol (XI AP-1)yang masing–masingkelasterdiridari30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihanjawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan berbeda menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen 77,67dengan standar deviasi 9,25. Dan nilai rata-rata kelas Kontrol72dengan standar deviasi 10,30. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,251dan ttabel = 1,671. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,251> 1,671 makahipotesisditerima. Dari hasiltersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positifdansignifikankombinasi model pembelajaranStudent Team Achievement Division dan Numbered Head Togetherterhadaphasilbelajar kewirausahaan siswa SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P. 2016/2017.