Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan penggunaan media pembelajaran dan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas X AP di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl. STM No. 12E Kampung Baru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 235 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling dengan sampel 59 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 22 butir yang dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,737 untuk variabel media pembelajaran dan 0,739 untuk variabel kreativitas siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dimana ini dilakukan untuk mejawab hipotesis secara parsial, dan uji F dilakukan untuk menjawab hipotesis secara simultan. Dari hasil analisis data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t korelasi diperoleh thitung = 5,135 dan 2,663 sedangkan ttabel sebesar 2,002 sehingga thitung > ttabel untuk menguji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung Sebesar 17.900 sedangkan Ftabel sebesar 3,16 taraf signifikasn 95%. Ternyata Fhitung > Ftabel 17,900 > 3,16. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan kreativitas siswa dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hubungan penggunaan media pembelajaran dan kreativitas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 7 Medan. Saran peneliti Dimana siswa akan meliliki skill yang baik, jika penerapan yang digunakan dalam penyampaian materi dilakukan dengan baik juga. Oleh karena itu, kedua hal ini harus mendapat perhatian peserta didik maupun guru agar pelaksanaan proses pembelajaran mecapai nilai yang maksimal.