ctrlnum 20384
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20384/</relation><title>PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF DAN PARTISIPATIF, LOKUS KONTROL,SERTA KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DARI KEPALA SMP KOTA MEDAN</title><creator>Ghodang, Hironymus</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB1705 Education and training of teachers and administrators</subject><subject>LB2801 School Administration and Organization</subject><subject>LB3011 School management and discipline</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh langsung dari masing-masing gaya kepemimpinan direktif gaya kepemimpinan partisipatif lokus kontrol kepala sekolah terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi serta kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dari kepala sekolah SMP kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris (explanatory survey method) yang menguraikan gejala-gejala berdasarkan bukti tentang apa adanya secara utuh dari objek yang diteliti. Teknik analisis data adalah analisis jalur untuk mengungkap signifikansi pengaruh langsung variabel eksogenous terhadap endogenous yang membangun paradigma tioritik penelitian. Populasi penelitian terdiri dari 403 sekolah/kepala sekolah SMP kota Medan. Sampel sebanyak 164 kepala sekolah SMP yang dipilih secara acak dengan menggunakan angka random. Data penelitian dikumpulkan melalui angket yang dikembangkan berdasarkan indikator tioritik dari variabel-variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) gaya kepemimpinan direktif berpengaruh langsung -34,0% terhadap kepuasan kerja, (2) gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh langsung 26,2% terhadap kepuasan kerja, (3) lokus kontrol berpengaruh langsung 15,5% terhadap kepuasan kerja, (4) gaya kepemimpinan direktif berpengaruh langsung 26,9% terhadap komitmen organisasi, (5) gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh langsung 29,9% terhadap komitmen organisasi, (6) lokus control berpengaruh 1angsung 29,2% terhadap komitmen organisasi, dan (7) kepuasan kerja berpengaruh langsung 16,8% terhadap komitmen organisasi kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan, kepuasan kerja kepala sekolah tidak berfungsi positip untuk memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan direktif terhadap komitmen organisasi kepala sekolah. Hal ini disebabkan pengaruh langsung dari gaya kepemimpinan direktif terhadap kepuasan kerja adalah negatip. Artinya semakin tinggi intensitas gaya kepemimpinan direktif kepala sekolah SMP kota Medan akan semakin rendah kepuasan kerja dan komitmenya terhadap organisasi/sekolah yang dipimpinnya.</description><date>2015-09-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20384/3/809116022%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20384/2/809116022%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20384/4/809116022%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20384/1/809116022%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><identifier> Ghodang, Hironymus (2015) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF DAN PARTISIPATIF, LOKUS KONTROL,SERTA KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DARI KEPALA SMP KOTA MEDAN. Doctoral thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20384</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ghodang, Hironymus
title PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF DAN PARTISIPATIF, LOKUS KONTROL,SERTA KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DARI KEPALA SMP KOTA MEDAN
publishDate 2015
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
LB1705 Education and training of teachers and administrators
LB2801 School Administration and Organization
LB3011 School management and discipline
url http://digilib.unimed.ac.id/20384/3/809116022%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20384/2/809116022%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20384/4/809116022%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20384/1/809116022%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20384/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh langsung dari masing-masing gaya kepemimpinan direktif gaya kepemimpinan partisipatif lokus kontrol kepala sekolah terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi serta kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dari kepala sekolah SMP kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris (explanatory survey method) yang menguraikan gejala-gejala berdasarkan bukti tentang apa adanya secara utuh dari objek yang diteliti. Teknik analisis data adalah analisis jalur untuk mengungkap signifikansi pengaruh langsung variabel eksogenous terhadap endogenous yang membangun paradigma tioritik penelitian. Populasi penelitian terdiri dari 403 sekolah/kepala sekolah SMP kota Medan. Sampel sebanyak 164 kepala sekolah SMP yang dipilih secara acak dengan menggunakan angka random. Data penelitian dikumpulkan melalui angket yang dikembangkan berdasarkan indikator tioritik dari variabel-variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) gaya kepemimpinan direktif berpengaruh langsung -34,0% terhadap kepuasan kerja, (2) gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh langsung 26,2% terhadap kepuasan kerja, (3) lokus kontrol berpengaruh langsung 15,5% terhadap kepuasan kerja, (4) gaya kepemimpinan direktif berpengaruh langsung 26,9% terhadap komitmen organisasi, (5) gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh langsung 29,9% terhadap komitmen organisasi, (6) lokus control berpengaruh 1angsung 29,2% terhadap komitmen organisasi, dan (7) kepuasan kerja berpengaruh langsung 16,8% terhadap komitmen organisasi kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan, kepuasan kerja kepala sekolah tidak berfungsi positip untuk memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan direktif terhadap komitmen organisasi kepala sekolah. Hal ini disebabkan pengaruh langsung dari gaya kepemimpinan direktif terhadap kepuasan kerja adalah negatip. Artinya semakin tinggi intensitas gaya kepemimpinan direktif kepala sekolah SMP kota Medan akan semakin rendah kepuasan kerja dan komitmenya terhadap organisasi/sekolah yang dipimpinnya.
id IOS3150.20384
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:07Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:07Z
recordtype dc
_version_ 1766033410503999488
score 17.538404