Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI Di SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari XI IPS I dan XI IPS II. Dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa dari populasi tersebut yaitu kelas XI IPS I 30 orang dan XI IPS II 30 orang. Kelas XI IPS I sebagai Kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dan XI IPS II sebagai kelas Kontrol dengan model pembelajaran Inquiry. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan ulangan harian 1 dan 2 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahu normal tidaknya data penelitian tiap variabel, uji homogenitas untuk mengetahui apakah sampel yang diambil homogen atau tidak dan di uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus uji t. Hasil uji statisik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Inquiry dengan rata –rata 80,00 lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Inquiry dengan rata-rata 73,50. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung>ttabel (4,961 > 2,002) maka hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI Di SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016