PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A. 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A.2015/2016 dengan populasi sebanyak 180 siswa dan dengan sampel sebanyak 45 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik proporsional random sampling dengan cara undian. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa displin belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (6,854 > 1,681) dan variabel lingkungan belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (4,321 > 1,681). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa disiplin belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (45,507 > 3,22). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,684 yang artinya disiplin belajar dan lingkungan belajar sebesar 68% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A.2015/2016.