Daftar Isi:
  • belum dikenali oleh siswa dan perilaku belajar yang masih kurang yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di kelas X TKJ SMK.3 Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ Di SMK.3 Tri Sakti Lubuk Pakam dengan jumlah 55 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel 55 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 22 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,890 untuk variable kecerdasan emosional dan 0,896 untuk variable perilaku belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar kewirausahaan. Teknik analisis data yang digunakana dalah uji normalitas, linieritas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 14,665+ 0,458 X1 + 0,423X2 . Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,782 atau 78,2%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan.