PENGARUH SIKAP MANAJEMEN DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI (IPS) SMA BUDISATRYA TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah variabel sikap manajemen diri dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Adanya pengaruh sikap manajemen diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan, 2. Adanya pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan, 3. Adanya pengaruh sikap manajemen diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan sebanyak 78 siswa dan sampel yang diambil secara total sampling yaitu sebanyak 78 siswa dengan menggunakan instrumen kuesioner, skala yang digunakan adalah skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Dimana penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, yang hasilnya memiliki pengaruh positif dan signifikan antara sikap manajemen diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian di SMA Budisatrya Medan pada persamaan regresi diperoleh prestasi belajar (Y) = 37,754+0,297 X1+0,325 X2. Analisis hasil pengaruh secara satu-satuan yaitu sikap manajemen diri (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh thitung 4,289 > ttabel 1,992 dengan signifikan 0,00 < 0,05, maka sikap manajemen diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dan analisis pengaruh secara satu-satuan yaitu motivasi berprestasi (X2) terhadap prestasi belajar diperoleh thitung 4,670 > ttabel 1,992 dengan signifikan 0,00 < 0,05, maka motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis hasil pengaruh secara simultan yaitu sikap manajemen diri (X1) dan motivasi berprestasi (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai Fhitung 42,286 > Ftabel 2,34. dengan sig 0,00 < 0,05, maka sikap manajemen diri dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi secara simultan. Besar Adjusted R Square adalah 0,530. Hal ini berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel penelitian ini sebesar 53 % sedangkan sisanya 47 % disebabkan oleh variabel lain di luar penelitian.