Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar kewirausahaan siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Pelita Aek Kanopan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengambil populasi sebanyak 113 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 56 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan perhitungan t hitung = 3,009 > t tabel = 1,674 dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Dan ada pengaruh positif yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan perhitungan t hitung = 3,958 > t tabel = 1,674 dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara disiplin belajar dan konsep diri siswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan F hitung = 16,281 > F tabel = 3,17, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) disiplin belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa. Dan konsep diri berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa. Secara uji F (simultan) disiplin belajar dan konsep diri berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa