Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, mengetahui pengaruh pergaulan Teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa dan mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa, Jl.Pasar Delapan, Batang Kuis Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seiswa kelas XI yang berjumlah 154 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berpedoman pada rumus Taro Yamane dengan menggunakan teknik random sampling dengan total 60 orang. Instrumen pengumpulan data ialah angket/kuesioner dengan skala likert yang masing-masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk pengujian secara bersama-sama dilakukan uji F Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (I) terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung (2,099) > ttabel (2,001). (2) terdapat pengaruh yang positif antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung (2,580) > ttabel (2,001). (3) terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi dibuktikan melalui hasil uji hipotesis secara simultan dengan nilai thitung > ttabel yaitu (9,794>3,16) dengan sumbangan atau kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 25,6 %. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.