PENGARUH AKTUALISASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 PALIPI KABUPATEN SAMOSIR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Aktualisasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi, (2) pengaruh Motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi, (3) pengaruh Aktualisasi diri dan Motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi yang berjumlah 74 siswa. Pengumpulan data Aktualisasi diri dan Motivasi berprestasi dilakukan dengan angket, untuk prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 74 siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan. Uji validitas dilakukan dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh antara aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar secara parsial digunakan uji t dan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar digunakan teknik analisis regresi linear berganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1)Ada pengaruh positif dan signifikan variabel Aktualisasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi T.P 2015/2016. Dimana yaitu 2,634 >1.666 dengan taraf signifikan 0,05 (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan Motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi. Dimana yaitu 2,273>1.666 dengan taraf signifikan 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi T.P 2015/2016. Dimana (26,689>3,12) dengan nilai signifikan <0,005(0,000<0,005). Maka berdasarkan kriteria pengujian secara parsial dapat disimpulkan Diterima, sehingga bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palipi T.P 2015/2016.