PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN TELEVISI DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA NIAGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Intensitas Menonton Tayangan Televisi dan Penggunaan Gadget yang kurang baik yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar akademik mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Televisi dan Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas A dan B reguler Prodi Tataniaga 2014 UNIMED dengan jumlah 60 mahasiswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,939 untuk variable Intensitas Menonton Tayangan Televisi dan 0,955 untuk variable penggunaan gadget. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi akademik mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, analisis regresi linier berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 2,881+ 0,010 X1 + 0,004X2. Selain itu determinasi nilai R Square sebesar 0,139 atau 13,9%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Intensitas Menonton Tayangan Televisi terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas ekonomi prodi pendidikan tata niaga Universitas Negeri Medan. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan gadget terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas ekonomi prodi pendidikan tata niaga Universitas Negeri Medan. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Intensitas Menonton Tayangan Televisi dan penggunaan gadget terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas ekonomi prodi pendidikan tata niaga Universitas Negeri Medan