Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh nilai mata pelajaran kewirausahaan dan motivasi terhadap pengembangan jiwa berwirausaha siswa kelas X akuntasi SMK 2 (AK) Trisakti Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh nilai mata pelajaran dan motivasi terhadap pengembangan jiwa berwirausaha siswa kelas X akuntansi SMK 2 (AK) Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas yaitu X akuntansi 1, X akuntansi 2 , yang berjumlah 31 siswa. Sampel penelitian ini adalah 31siswa yang diperoleh melalui teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, R2. uji t dan uji F. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 17,407 + 0,400X1 + 0,426X2 yang berarti semakin baik nilai mata pelajaran kewirausahaan dan motivasi maka semakin baik pula pengambangan jiwa berwirausaha. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,931 yaitu menyatakan bahwa nilai mata pelajaran dan motivasi berpengaruh 93,1%. Pada uji t diperoleh nilai X1 thitung> ttabel (6,248 > 1,699) ada pengaruh yang positif dan signifikan nilai mata pelajaran kewirausahaan terhadap pengembangan jiwa berwirausaha. Nilai X2 thitung> ttabel (7,853 > 1,699) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi terhadap pengembangan jiwa berwirausaha. Dan antara nilai mata pelajaran kewirausahaa dan motivasi secara bersama – sama simultan terhadap pengembangan jiwa berwirausaha didapat dengan nilai Fhitung>Ftabel, ( 190,129 > 3,30). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai mata pelajaran kewirausahaan dan motivasi Secara Simultan terhadap pengembangan jiwa berwirausaha siswa kelas X akuntansi Tahun Pelajaran 2015/2016.