PENGARUH HASIL BELAJAR MICRO TEACHING DANMOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh yang signifikan antara Hasil Belajar Micro Teaching dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Angkatan 2012. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) Pada Bulan Mei 2016 dengan jumlah populasi sebanyak 105 orang. Sampel Penelitian diambil dengan teknik probability random sampling dan simple random sampling dengan persen kelonggaran karena kesalahan pengampilan sampel populasi yaitu 10%. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Validitas Angket diuji dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisi data menggunakan rumus uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan uji determinasi(R2) secara statistic dengan bantuan software SPSS versi 20.00. Untuk mengetahui besarnya pengaruh hasil belajar micro teaching dan motivasi berprestasi terhadap minat menjadi guru digunakan rumus regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisi menunjukkan persamaan regresi Y = 75,604 – 0,355X1 + 0,382X2. Hasil uji determinasi(R2) diperoleh R Square sebesar 0,130 atau 13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hanya 13% Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa dipengaruhi secara bersama-sama oleh Hasil Belajar Micro Teaching dan Motivasi Berprestasi. Serta sisanya 0,87 atau 87% dipengaruhi oleh faktor lain, dimana faktor-faktor tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini.