Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa yang belum memuaskan dan apakah kemampuan coping adaptif dan disiplin belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan coping adaptif dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas MIA dan 2 kelas IIS yang berjumlah 479 siswa. Sampel penelitian ini adalah 119 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara proporsional random sampling (acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, R2, uji t dan uji F. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=17,576+ 0,208X1 + 0,504X2 yang berarti semakin baik kemampuan coping adaptif dan disiplin belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajar. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,756 yaitu menyatakan bahwa kemampuan coping adaptif dan disiplin belajar berpengaruh 75%. Pada uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (2,331 > 1,657) ada pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan coping adaptif terhadap prestasi siswa. Nilai thitung> ttabel (6,089 > 1,657) ada pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dan antara kemampuan coping adaptif dan disiplin belajar secara bersama – sama terhadap prestasi pada siswa didapat dengan nilai Fhitung>Ftabel, (179,397 > 3,07). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) kemampuan coping adaptif berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Dan disiplin belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Secara uji F (simultan) kemampuan coping adaptif dan disiplin belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa