Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan berpikir logis dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe tahun Pelajaran 2015/2016 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. 1. Terdapat hubungan kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe. 2. Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe. 3. Ada hubungan dengan kemampuan berpikir logis dan kemandirian dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di SMA Katolik 1 Kabanjahe kelas XI IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 135 orang dan sampel sebanyak 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil korelasi antara variabel X1 dan Y sebesar 0,773 dan untuk variabel kemampuan berpikir logis diperoleh t hitung sebesar 8,278 sedangkan t tabel 1,996. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang positif antara kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar ekonomi siswa. dari hasil korelasi antara variabel X2 dan Y sebesar 0,506 dan untuk kemandirian belajar siswa diperoleh t hitung sebesar 2,707 sedangkan ttabel 1,996. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan positif kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil perhitungan korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa r hitung sebesar 0,799 dan dibandingkan dengan r tabel 0,239 maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan berpikir logis dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa