PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SWALAYAN DELIMAS LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelompok Referensi dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Delimas Lubuk Pakam. Berdasarkan hasil pra penelitian dengan melakukan wawancara kepada Manajer Swalayan Delimas Lubuk Pakam maka populasi dalam penelitian ini ialah konsumen yang berkunjung dengan jumlah rata-rata 3.600 pertahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel 97 orang konsumen. Pengujian yang digunakan adalah uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji f dan uji t. Dan hasil uji validitas diperoleh rhitung > rtabel untuk masing – masing item pertanyaan dan uji reliabilitas angket di peroleh alpha croncbach masing-masing variabel yaitu 0,808 untuk variabel X1, 0,832 untuk variabel X2 dan 0,823 untuk variabel Y. Nilai ini lebih besar dari taraf signifikan rtabel yaitu 0,361. Analisis data masing-masing variabel diperoleh persamaan regresi berganda Y = 7,191 + 0,384 X1 + 0,323 X2 + e. Diperoleh R2 sebesar 0,234, 23,4% sedangkan sisanya 76,6% dijelaskan variabel diluar perusahaan. Uji parsial yang dihasilkan masing-masing variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat dengan signifikansi penelitian lebih kecil dari 0,05, serta hasil perhitungan uji-simultan sebesar 14,342 dengan Ftabel 3,09 yang artinya Fhitung > Ftabel dengan level of significant (α) 0,000 < 0,05, yang artinya hipotesis diterima yaitu kelompok referensi dan citra perusahaan secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di swalayan delimas lubuk pakam