Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh Lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2). Pengaruh Fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3). Pengaruh Lingkungan dan Fasilita belajar terhadap prestasi belajar ekonomi Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Negeri 3 Pematang Siantar dengan populasi sebanyak 104 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik proporsional random sampling dengan cara undian. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=22, 99899 + 0,168768X1 + 0,434069X2. Berdasarkan uji hipototesis secara parsial diperoleh hasil lingkungan berpengaruh secara posistif nilai t hitung sebesar 3,215 dan tingkat probabilitas 0,0018, dan hasil uji hipotesis parsial fasilitas belajar terhdap prestasi belajar menunjukkan hasil berpengaruh secara positif dengan nilai thitung sebesar 9,0112 dengan tingkat probabilitas sebesar 0,0000. Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil lingkungan dan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dengan nilai F hitung sebesar 83,881 dengan tingkat probabilitas sebesar 0,0000. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,6336 yang artinya lingkungan dan fasilitas belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 63,36% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh lingkungan dan fasilitas belajari secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri Negeri 3 Pematang Siantar T.P 2015/2016.