PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPEMIMPINAN GURU DAN KEMATANGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SELESAI KABUPATEN LANGKAT T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kepemimpinan guru dan kematangan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 100 siswa dan sampel berjumlah 80 siswa yang diambil dengan teknik random sampling dengan cara undian. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 20 diperoleh persamaan regresi Y= 38,467 + 0,347 X1+ 0,194 X2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan persepsi siswa tentang kepemimpinan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai > yakni 6,995 > 1,664 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dan kematangan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai > yakni 3,785 > 1,664 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa persepsi siswa tentang kepemimpinan guru dan kematangan siswa berpengaruh secara simultan yang memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai > yakni 54,103 > 3,12 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 58,4% bahwa perubahan prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kepemimpinan guru dan kematangan siswa dan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kepemimpinan guru dan kematangan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat T.P 2015/2016.