ctrlnum 20320
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20320/</relation><title>PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DISIPLIN BELAJAR&#xD; DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN INDEKS&#xD; PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN</title><creator>Marbub, Aprilia</creator><subject>HB71 Economics as a science</subject><subject>LB2300 Higher Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 2) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 3) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 4) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Minat Belajar Terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitung &gt; ttabel (2,662 &gt; 1,664) untuk variabel disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitng &gt; ttabel (3,614 &gt; 1,664) dan untuk variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitung &gt; ttabel (2,933 &gt; 1,664). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-F) diperoleh hasil bahwa pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai Fhitung &gt; Ftabel (146,424 &gt; 3,11). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,844 yang artinya pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar sebesar 84,4% dapat menjelaskan perolehan indeks prestasi mahasiswa dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.&#xD; Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan.</description><date>2016-06-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/1/1.%20NIM%207123141013%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/2/2.%20NIM%207123141013%20APPROVAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/3/4.%20NIM%207123141013%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/4/3.%20NIM%207123141013%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/5/5.%20NIM%207123141013%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/6/6.%20NIM%207123141013%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/7/8.%20NIM%207123141013%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/8/9.%20NIM%207123141013%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/9/13.%20NIM%207123141013%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20320/10/14.%20NIM%207123141013%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Marbub, Aprilia (2016) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20320</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Marbub, Aprilia
title PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
publishDate 2016
isbn 207123141013
topic HB71 Economics as a science
LB2300 Higher Education
url http://digilib.unimed.ac.id/20320/1/1.%20NIM%207123141013%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/2/2.%20NIM%207123141013%20APPROVAL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/3/4.%20NIM%207123141013%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/4/3.%20NIM%207123141013%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/5/5.%20NIM%207123141013%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/6/6.%20NIM%207123141013%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/7/8.%20NIM%207123141013%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/8/9.%20NIM%207123141013%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/9/13.%20NIM%207123141013%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/10/14.%20NIM%207123141013%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20320/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 2) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 3) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 4) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Minat Belajar Terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (2,662 > 1,664) untuk variabel disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitng > ttabel (3,614 > 1,664) dan untuk variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (2,933 > 1,664). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-F) diperoleh hasil bahwa pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (146,424 > 3,11). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,844 yang artinya pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar sebesar 84,4% dapat menjelaskan perolehan indeks prestasi mahasiswa dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan.
id IOS3150.20320
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:07Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:07Z
recordtype dc
_version_ 1766033409979711488
score 17.538404