PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 orang dan Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,dan angket. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (4,423 > 1,686) dan untuk variabel minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (4,184 >1,671). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai 0,85 yang artinya pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa sebesar 85% dapat menjelaskan prestasi belajar siswa dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.