Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 123 orang dan sampel berjumlah 50 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru berupa angket yang berjumlah 25 soal dan untuk lingungan belajar 15 soall dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas untuk variabel dan dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrumen hasilnya ke semua item valid dan 15 instrumen untuk 15 instrumen valid. Dan hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.936 > 0,273 ( ) untuk kompetensi guru dan 0,903 > 0,273 ( ) untuk lingkungan belajar. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 31,620 + 0,365 + 0,297 + e. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar sebesar 4,828 (48,28%) dan ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 4,976 (49,76 %) dan untuk uji f diperoleh sebesar 88,714 sedangkan pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,16 berarti > (99,384> 3,18) maka hipotesis H3 diterima atau ada pengaruh positif antara kompetensi guru dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Berastagi T.A. 2015/2016.