PENGARUH PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN KONDISI EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI SMA SWASTA KARYA BAKTI SELESAI T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh prestasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, 2) apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, 3) apakah ada pengaruh kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, 4) apakah ada pengaruh prestasi belajar, motivasi belajar dan kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi di SMA Swasta Karya Bakti Selesai T.P 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar, motivasi belajar dan kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi di SMA Swasta Karya Bakti Selesai T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Karya Bakti Selesai, Jalan Binjai-Kuala Km. 13 Pasar 1 Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah 67 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan menggunakan seluruh populasi yaitu 67 siswa. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel prestasi belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (2,491 > 1,670) untuk variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan nilai thitng > ttabel (2,429 > 1,670) dan untuk variabel kondisi ekonomi orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (3,425 > 1,670). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-F) diperoleh hasil bahwa prestasi belajar, motivasi belajar dan kondisi ekonomi orangtua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (108,665 > 2,75). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,838 yang artinya prestasi belajar, motivasi belajar dan kondisi ekonomi orangtua sebesar 83,8% dapat menjelaskan minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar, motivasi belajar dan kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi di SMA Swasta Karya Bakti Selesai T.P 2015/2016.