Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lingkungan keluarga dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Tanjung Morawa T.A 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di MAN Tanjung Morawa semester ganjil T.A 2016/2017 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 50 orang dan sampel sebanyak 50 orang diambil dengan cara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan regeresi linear bergabda melalui aplikasi SPSS 20, diperoleh nilai koefisien regresi lingkungan keluarga sebesar 0,517, koefisien motivasi orang tua sebesar 0,411 dan konstanta regresi sebesar 6,491. Koefisien regresi diatas menunjukkan arah pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Selain itu juga terdapat pengaruh signifikan antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan keluarga (X1) dan motivasi orang tua (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R Square sebesar 86,10% yang berarti hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel lingkungan keluarga dan motivasi orang tua. Sedangkan 13,90% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi orang tua memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2016/2017