PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK SWASTA JAYA KRAMA BERINGIN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jaya Krama Beringin Lubuk Pakam Jalan Mimbar Umum Pasar VI Sidodadi-R Kecamatan Beringin T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 74 orang siswa terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AP 1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 37 orang dan X AP 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 37orang, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar dinyatakan dari 25 butir soal, 20 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 41,35 dan SD = 11.09. Nilai post test kelas Eksperimen sebesar 75,13 dan SD = 11,81. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 42,08 dan SD = 10,87 nilai rata-rata post test kelas Kontrol sebesar 67,22 dan SD = 13,54. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 diperoleh thitung>