PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.A.2015/2016 dengan populasi sebanyak 243 siswa dan dengan sampel sebanyak 85 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik proporsional random sampling dengan cara undian. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=21,37720 + 0,537245X1 + 0,166948X2. Berdasarkan uji hipototesis secara parsial diperoleh hasil perhatian orang tua berpengaruh secara posistif nilai thitung sebesar 8,653 dan tingkat probabilitas 0,0000 dan hasil uji hipotesis parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar menunjukkan hasil berpengaruh secara positif dengan nilai thitung sebesar 2,446 dengan tingkat probabilitas sebesar 0,0165. Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung sebesar 68,806 dengan tingkat probabilitas sebesar 0,0000. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,6266 yang artinya perhatian orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 62,66% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Swasta Prayatna Medan T.P.2015/2016