Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Dan Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi dengan sampel sebanyak 62 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan untuk regresi linier berganda Y=59,628+ 0,205X1 + 0,266 X2. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji parsial (uji t) dengan ttabel sebesar 1,671 dan diperoleh thitung untuk lingkungan teman sebesar 3,762 dan thitung untuk motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 4,703. Dan uji simultan (Uji F) diperoleh Ftabel sebesar 3,15 dan diperoleh Fhitung sebesar 23,672, dengan kontribusi antar variabel yaitu 45,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antar lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016.