PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspost Fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total yaitu sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas untuk analisis butir angket mengunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 36,128 + 0,404 X1 + 0,361 X2. Selanjutnya variabel pola asuh orangtua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (X) dengan nilai thitung > ttabel (4,833 > 1,666). Sementara disiplin belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 4,822 dan ttabel sebesar 1,666. Secara bersama-sama pola asuh orangtua dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (40,875 > 3,12). Persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 53,2%.