HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SOFT SKILLS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 LABUHAN DELI T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa?, apakah terdapat hubungan antara Soft Skills dengan prestasi belajar siswa?, serta apakah terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan soft skills dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Labuhan Deli T.P 2015/2016?. Lokasi Penelitian adalah di Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuhan Deli jalan Serbaguna Guna Ujung Pasar IV Helvetia Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Labuhan Deli yang berjumlah 159 orang. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 48 orang siswa atau 30% dari populasi dengan metode Propotional random sampling. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dan digunakan analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 20, diperoleh antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar dengan thitung > ttabel yaitu 2,18 > 2,01290, dengan nilai signifikan (sig.) 0,034 pada 95% atau ɑ = 0,05, nilai antara Soft Skills dengan prestasi belajar dengan thitung < ttabel yaitu 0,027128 > 2,01290, dengan nilai signifikan (sig.) 0,981 pada 95% atau ɑ = 0,05. Dan diperoleh nilai antara kemampuan berpikir kritis dan Soft Skills dengan prestasi belajar dengan Fhitung > Ftabel yaitu 3,389 > 3,20 dengan nilai signifikan (sig.) 0,043 pada 95% atau ɑ = 0,05 dan sumbangan secara simultan sebesar 13,1 % dan 86,9 % dipengaruhi variabel lain. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Soft Skills dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMAN 1 Labuhan Deli T.A 2015/2016.