Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk dalam bidang manajemen pendidikan berupa model kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang dapat meningkatkan kinerja sekolah. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Aceh Selatan pada 3 sekolah menengah SMA dan SMK. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan level 1, yaitu melakukan penelitian dan menghasilkan model yang divalidasi secara internal. Untuk mendapatkan model, digunakan 3 tahapan penelitian yaitu: tahap 1 studi pendahuluan, tahap 2 pengembangan model, tahap 3 validasi model. Sumber data penelitian dipilih secara purposive dan snowball sampling. Data diperoleh dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dinamakan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model (Bass dan Avolio 1994) yang telah banyak digunakan pada organisasi profit, dengan mendesain ulang komponen yang dianggap berpengaruh terhadap pencapain kinerja dan dapat diterapkan disekolah. Model telah divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu FGD dengan kepala sekolah sebagai paraktisi dan FGD bersama Guru Besar dan Doktor sebagai pakar. Model ini memuat 4 dimensi kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual dan perhatian secara individual. Model hasil pengembangan ini dibuat dalam satu rangkaian sistem yang didalamnya terdiri dari: input, proses, output, outcome, dan impact. Untuk mempermudah dalam penerapannya model ini dilengkapi dengan panduan, sehingga kepala sekolah akan lebih mudah mempelajari dan menerapkannya.