Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah melalui penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negei 1 Raya. Subjek penelitian adalah guru rumpun IPS di SMA Negeri 1 Raya sebanyak lima orang guru. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, dirancang dengan proses siklus sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun RPP pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 84,00 % dengan kategori Baik, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,09 % dengan kategori Amat Baik. Berdasarkan data hasil penelitian, kesimpulan penelitian adalah bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Oleh karena itu diharapkan pengawas sekolah agar menerapkan supervisi klinis dalam meningkatkan profesionalisme guru khususnya dalam menyusun RPP.