Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, 60 siswa atau 46% akan diambil sebagai sampel melalui random sampling. Untuk mengungkap dan mengetahui peran guru PKN dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang dihitung dengan skala likert, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa 76,7% atau sebanyak 54 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru PKn dalam mengajar kurang berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa, 73,3% atau sebanyak 44 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru PKn dalam membimbing sangat berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa, 48,3% atau sebanyak 29 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru dalam mendidik sangat berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa, dan 51,7% atau sebanyak 31 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru PKn dalam melatih kurang berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peran guru PKn dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa meliputi sebagaiu penajar, pembimbing, pendidik, dan pelati