HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGETAHUAN MANAJEMEN KELAS DENGAN KINERJA GURU DI SD NEGERI SE KECAMATAN ULU BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) Apakah terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan manajemen kelas dengan kinerja guru, (3) Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, pengetahuan manajemen kelas secara bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex post facto dengan sampel penelitian sebanyak 115 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin dengan memperhatikan proporsi populasi. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,535 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 26,08%, (2) terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan manajemen kelas dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi r = 0,368 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 10,92%, (3) terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, pengetahuan manajemen kelas secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,610 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 37%. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada Kepala sekolah harus dapat menjalin komunikasi yang terbuka dan bekerjasama dengan guru serta menyediakan sarana-sarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran di kelas.