PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PANDUAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION DI SMA/SMK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ekstrakurikuler melalui supervisi manajerial pengawas sekolah dengan metode focus group discussion di SMA/SMK Kabupaten Kepulauan Anambas. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah pada SMA/SMK Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas berjumlah 5 orang kepala sekolah. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menyusun program kegiatan ektrakurikuler digunakan pedoman daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 7. Sedangkan untuk mengamati kegiatan metode focus group discussion untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam meyusun program kegiatan ektrakurikuler digunakan pedoman daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 23. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ektrakurikuler pada siklus I yaitu dengan nilai 63,43% dan pada siklus II yaitu dengan nilai 84,57% dan tergolong kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi pengawas sekolah dengan metode focus group discussion dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ekstrakurikuler di SMA/SMK Kabupaten Kepulauan Anambas. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu menerapkan metode focus group discussion untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun panduan kegiatan ektrakurikuler.