Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPS dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 4 Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara

Main Author: Tambunan, Himren
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/20227/4/1.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/6/2.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/6/3.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20Abstrak.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/8/4.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20Kata%20Pengantar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/7/5.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/9/6.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20DAFTAR%20Gambar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/3/7.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20DAFTAR%20tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/2/8.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20DAFTAR%20Lampiran.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/1/9.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20BAB%201.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/1/13.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/5/14.%20HIMREN%20TAMBUNAN%20NIM%20%208146131004%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20227/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPS dalam menyusun RPP model kooperatif Make A Match dan meningkatkan kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match melalui supervisi klinis di SMP Negeri 4 Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Subyek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara yang berjumlah lima orang, dengan focus penelitian adalah kemampuan guru IPS menyusun RPP model pembelajaran Kooperatif Make A Match dan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 79,00 dengan kategori cukup dan kemampuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match sebesar 80,00 dengan kategori Baik. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 94,00 dengan kategori sangat baik, dan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match 94,17 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match di SMP Negeri 4 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.