Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPS dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 4 Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPS dalam menyusun RPP model kooperatif Make A Match dan meningkatkan kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match melalui supervisi klinis di SMP Negeri 4 Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Subyek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara yang berjumlah lima orang, dengan focus penelitian adalah kemampuan guru IPS menyusun RPP model pembelajaran Kooperatif Make A Match dan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match, desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 79,00 dengan kategori cukup dan kemampuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match sebesar 80,00 dengan kategori Baik. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 94,00 dengan kategori sangat baik, dan menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match 94,17 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match di SMP Negeri 4 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.