IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2002 DALAM MENANGGULANGI TINDAK KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU DILINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS SMA MULIA PRATAMA MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menggambarkan. Implementasi Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Dalam Menanggulangi Tindak Kekerasan yang Dilakukan Oleh Guru Dilingkungan Sekolah (Studi Kasus SMA Mulia Pratama Medan). Sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Mata Pelajaran PPKn dan 2 orang guru Mata Pelajaran Bimbingan Konseling. Jadi jumlah keseluruhan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 orang. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari informan dan pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang sedang diteliti melalui wawancara, dan observasi. Data sekunder adalah UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, buku, jurnal ilmiah, artikel dan penelusuran internet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk paparan atau gambaran dari temuan-temuan yang ada dilapangan berupa data dan informasi hasil wawancara, dan analisis kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMA Mulia Pratama Medan dengan subjek penelitian 4 orang guru dalam menanggulangi tindak kekerasan yang dilakukan di lingkungan sekolah berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan anak sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman guru-guru mengenai Undang-Undang Perlindungan Anak sehingga tidak ada lagi guru-guru yang melakukan kekerasan fisik maupun psikis terhadap siswa/siswi