Daftar Isi:
  • Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam menanamkan moral siswa SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa kuala. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi,angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala yang berjumlah 105 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah 35 % dari jumlah populasi sebanyak 36 orang, yang ditetapkan dengan acak sederhana (Random Sampling). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis terhadap guru PKn dan siswa SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala yaitu berjumlah 36 orang, dapat disimpulkan bahwa guru PKn sudah berperan dalam menanamkan moral siswa. Hal ini dilihat dari upaya guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan moral siswa kelas VII SMP Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala. Adapaun usaha menanamkan moral siswa melalui pembelajaran, guru memberikan pemahaman tentang moral, selalu memberikan motivasi, tidak hanya memberi pemahaman saja tetapi guru juga memberikan contoh sikap yang dapat ditiru siswa dan sikap yang positif terhadap siswa agar dapat mengarahkan siswa memiliki moral yang lebih baik