UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT PENNELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMA KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM ACEH

Main Author: Sukamto, Heri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/20217/5/1.%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/3/2.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/7/3.%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Abstrak.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/8/4.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/9/5.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/10/6.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/11/7.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Daftar%20Gambar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/1/8.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/2/9.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/6/13.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/4/14.%20%20Heri%20Sukamto%20NIM%20%208146132042%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20217/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas melalui Supervisi Akademik Teknik Workshop di SMA Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh. Subjek penelitian ini adalah guru–guru pada SMA di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh yang berjumlah 10 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran bahasa Inggris. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas adalah pedoman wawancara dan daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 25. Sedangkan untuk mengamati kegiatan workshop pembuatan Penelitian Tindakan Kelas digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas setelah dilakukan supervisi akademik teknik workshop pada siklus I tergolong dalam kategori rendah dengan nilai 69,2 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 88,4 . Penilaian aktivitas peserta dalam melaksanakan workshop pada siklus I adalah sangat baik dengan nilai 91, dan pada siklus II tergolog dalam kategori sangat baik dengan nilai 95,2. Penilaian kegiatan workshop pada siklus I adalah sangat baik dengan nilai 92,3, dan pada siklus II juga tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai 98,2. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas di SMA Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu pelaksanaan supervisi akademik teknik workshop dalam upaya membantu guru membuat Penelitian Tindakan Kelas.