PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran PPKn SMA Swasta Nusantara Lubukpakam tahun ajaran 2015/2016. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubukpakam yang berjumlah 240 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang dengan mengambil 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kompetensi guru membawa pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran PPKn. Hal ini sesuai dengan hasil yaitu harga kritik “r” tabel dengan n=34 pada taraf kepercayaan 5% sebesar 0,339 sedangkan harga koefisien korelasi kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas X SMA Swasra Nusantara Lubukpakam yaitu sebesar 0,56. Harga ini lebih besar dari kritik “r” tabel (0,56>0,339), dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dapat meningkat dengan adanya kompetensi guru yang baik, tetapi tidak hanya kompetensi guru yang dapat mempengruhi prestasi belajar tetapi dapat juga dipengaruhi oleh lingkunagn keluarga, lingkungan masyarakat, cara belajar siswa, minat belajar dan motivasi belajar siswa.