IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran PPKn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Di Sma Negeri 1 Onanrunggu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 143 siswa yang terdiri dari 2 kelas XI IPS dan 2 kelas XI IPA. Jumlah sampel yang ditetapkan yaitu 25 % dari jumlah populasi yang diambil secara proporsional dengan menggunakan teknik Random Sampling (acak sederhana). Maka sampel dalam penelitian sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan statistik sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa(1) melalui pembelajaran PPKn guru telah berupaya memasukkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan materi pada saat pembelajaran yaitu mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa; (2) Faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Onanrunggu yaitu: pengaruh ekonomi orang tua siswa, minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan siswa, kurang sinergisnya kerjasama yang dijalin pihak sekolah dengan orang tua siswa, pengaruh lingkungan masyarakat yang negatif menimbulkan sikap siswa yang belum sepenuhnya mencerminkan nilai karakter sebagai bagian kurangnya keteladanan yang harus diguguh; (3) Melalui pelajaran PPKn untuk membentuk siswa yang cerdas moral belum menuai hasil yang maksimal yang berada pada skala antara 60 %- 70 % yaitu implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di sekolah tersebut dalam kategori sedang