Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menemukan model faktual pengorganisasian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (2) mendesain model teoretik pengorganisasian Musyawarah Guru Mata Pelajaran melalui supervisi sebaya. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu (1)tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap evaluasi. Subjek uji coba penelitian pengembangan level 1 ini hanya dilakukan secara teoretis melalui uji validasi internal oleh pakar dan praktisi. Uji coba validasi internal dilakukan dalam Focus Group Discussion (FGD). Subjek uji coba teoretis terdiri dari delapan orang praktisi dan tiga orang pakar (expert judgement). Objek uji coba adalah kualitas model pengorganisasian MGMP melalui supervisi sebaya. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah angket dan wawancara serta analisis dokumentasi. Alat pengumpul data yang berupa angket menggunakan skala linkert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor penilaian praktisi terhadap rancangan model adalah 4,6 dan dalam kategori baik, (2) rata-rata skor penilaian pakar terhadap rancangan model adalah 3,8 dan dalam kategori baik. Dari hasil uji coba yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa rancangan pengembangan model pengorganisasian MGMP melalui supervisi sebaya dapat ditindak lanjuti untuk diuji coba secara empiris.