PENINGKATAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMK NEGERI 4 TEBING TINGGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mendidik melalui supervisi akademik teknik workshop. Hipotesis tindakan ini adalah supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran yang mendidik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Tebing Tinggi. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai 8 April sampai dengan 28 Mei 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang guru yang mengajar di SMK Negeri 4 Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini diperoleh melalui angket yang disebar kepada guru-guru mengenai keinginan mereka untuk memperbaiki proses pembelajarannya dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Peningkatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mendidik pada setiap siklus ditunjukkan dari meningkatnya persentasi nilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan ketercapaian setiap aspek dari penelitian awal, siklus I dan siklus II. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mendidik oleh guru pada penelitian awal terdapat rincian 35% guru dengan kategori cukup dan 65% guru dengan kategori kurang, pada siklus pertama, diperoleh hasil 65% guru dengan kategori baik dan 35% guru dengan kategori cukup, pada siklus kedua, diperoleh hasil 100% guru dengan kategori baik. Berdasarkan data, pada siklus II ≥ 80% guru masuk dalam kategori baik. Hasil analisis data perolehan nilai untuk setiap indikator kegiatan pembelajaran yang mendidik pada setiap siklus yaitu: (1) interaksi edukatif yang aktif: penelitian awal 63,75, siklus I 75,42 dan siklus II 82,92; (2) interaksi edukatif yang efektif: penelitian awal 63,75, siklus I 80,00 dan siklus II 83,75, (3)membimbing sikap: penelitian awal 62,50, siklus I 76,67 dan siklus II 83,75; (4)membimbing ilmu pengetahuan: penelitian awal 63,75, siklus I 76,67 dan siklus II 85,00; (5) membimbing keterampilan: penelitian awal 64,17, siklus I 80,00 dan siklus II 84,58. Hasil analisisdata penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran yang mendidik. Saran penelitian ini adalah pengawas sekolah sebaiknya dapat terus mengembangkan supervisi akademik khususnya teknik workshop di sekolah dan melakukan supervisi akademik teknik workshop secara rutin dalam membina para guru terutama dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mendidik.