HUBUNGAN ANTARA KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan, Jalan Pelajar No 17 Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPS yang mengalami kesulitan belajar dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 sebanyak 73 siswa. Teknik yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan yang dinilai melalui 3 indikator termasuk ke dalam kategori tinggi sebesar 58,90% (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS termasuk dalam kategori rendah sebesar 57,53% (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Medan ditunjukkan dengan perolehan nilai r = 0,662 yang termasuk ke dalam kategori tinggi sebesar 43,82% yang berarti bahwa sumbangan kesulitan belajar geografi sebesar 43,82% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan.