ctrlnum 20179
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20179/</relation><title>FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA&#xD; PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS&#xD; SMA NEGERI 11 MEDAN&#xD; TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>Dongoran, Siti Rahmi</creator><subject>G Geography (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan ditinjau dari (1) Faktor anak didik, (2) faktor sekolah, dan (3) faktor keluarga.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 148 orang. Mengingat populasi yang jumlahnya banyak peneliti menetapkan pengambilan sampel secara acak (random sampling) sebanyak 25% dari jumlah total populasi atau sebanyak 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi di tinjau dari faktor anak didik yaitu, kebiasaan belajar yang kurang baik sebesar 68,75% yang berarti bersifat menghambat dan tidak adanya motivasi dalam mempelajari pelajaran geografi sebesar 58,44% yang berarti dikategorikan menghambat. (2) Faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi di tinjau dari faktor sekolah yaitu berupa metode mengajar sebesar 82,09% yang berarti dikategorikan sangat menghambat, alat/media yang kurang memadai sebesar 68,91% yang berarti dikategorikan menghambat dan perpustakaan sekolah 85,81% sangat menghambat. (3) Faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi di tinjau dari faktor keluarga yaitu perhatian orang tua yang tidak memadai sebesar 61,48% yang dikategorikan menghambat.</description><date>2016-09-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/1/1.%20NIM.%203123131056%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/2/2%20NIM.%203123131056%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/3/5.%20NIM.%203123131056%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/4/3.%20NIM.%203123131056%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/5/4.%20NIM.%203123131056%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/6/6.%20NIM.%203123131056%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/7/7.%20NIM.%203123131056%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/8/8.%20NIM.%203123131056%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/9/9.%20NIM.%203123131056%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/10/10.%20NIM.%203123131056%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/11/15.%20NIM.%203123131056%20CHAPTER%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20179/12/16.%20NIM.%203123131056%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Dongoran, Siti Rahmi (2016) FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20179</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dongoran, Siti Rahmi
title FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2016
isbn 203123131056
topic G Geography (General)
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/20179/1/1.%20NIM.%203123131056%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/2/2%20NIM.%203123131056%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/3/5.%20NIM.%203123131056%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/4/3.%20NIM.%203123131056%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/5/4.%20NIM.%203123131056%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/6/6.%20NIM.%203123131056%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/7/7.%20NIM.%203123131056%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/8/8.%20NIM.%203123131056%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/9/9.%20NIM.%203123131056%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/10/10.%20NIM.%203123131056%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/11/15.%20NIM.%203123131056%20CHAPTER%20VI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/12/16.%20NIM.%203123131056%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20179/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan ditinjau dari (1) Faktor anak didik, (2) faktor sekolah, dan (3) faktor keluarga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 148 orang. Mengingat populasi yang jumlahnya banyak peneliti menetapkan pengambilan sampel secara acak (random sampling) sebanyak 25% dari jumlah total populasi atau sebanyak 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi di tinjau dari faktor anak didik yaitu, kebiasaan belajar yang kurang baik sebesar 68,75% yang berarti bersifat menghambat dan tidak adanya motivasi dalam mempelajari pelajaran geografi sebesar 58,44% yang berarti dikategorikan menghambat. (2) Faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi di tinjau dari faktor sekolah yaitu berupa metode mengajar sebesar 82,09% yang berarti dikategorikan sangat menghambat, alat/media yang kurang memadai sebesar 68,91% yang berarti dikategorikan menghambat dan perpustakaan sekolah 85,81% sangat menghambat. (3) Faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi di tinjau dari faktor keluarga yaitu perhatian orang tua yang tidak memadai sebesar 61,48% yang dikategorikan menghambat.
id IOS3150.20179
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:00Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:00Z
recordtype dc
_version_ 1766033409155530752
score 17.538404